"Perjalanan menempuh ratusan ribu kilometer harus dimulai dengan satu langkah kaki".

Minggu, 20 September 2015

Cinta di atas cinta

12.34 Posted by azkasadan No comments
"Menghafal Quran itu lebih manis daripada cinta. Hanya orang-orang yang mencintainya yang bisa merasakannya, karena ia adalah cinta di atas cinta". -Quraners 
 
 Bagi sebagian orang, mencuri-curi waktu di sela-sela kesibukan adalah hal yang lumrah. Tapi menurutku, menyediakan waktu yang khusus untuk bermesraan denganya adalah hal yang paling indah. Alquran itu tidak pernah boleh dibagi kasih sayang dan waktunya, karena ia bersifat pencemburu dan sensitif.  
 Setiap ayat-ayatnya punya keindahan dan mampu menghipnotis siapa saja yang membacanya. Orang yang membacanya bisa meleleh dibuatnya dengan sastranya yang begitu tinggi. Seorang Umar Ibn Khattab yang hatinya keras bagaikan baja saja bisa luluh dengan segala keindahan bahasanya.Novel dari segala novel, kitab dari segala kitab, rujukan dalam segala ilmu dan pedoman hidup manusia., hatta kitab cinta pun  tersedia dalam satu kitab (all in one) yang dinamakan Al-quran. 

 Haaa, jujur ternyata muraja'ah itu lebih sulit daripada menghafal. Apalagi di tengah padat-padatnya jadwal kuliah dan organisasi. Untuk aku yang pasti kebingungan kalau hidup tanpa mutaba'ah (timetable) terkadang sedikit sulit untuk menyusunnya. Kapan waktu untuk mengulang, muraja'ah, organisasi,dsb. Dan ternyata Allah selalu memudahkan urusan hambanya. Di dalam satu hari yang terdiri dari 24 jam, ada saja waktu yang lebih, misalnya sebelum subuh atau ba'da subh serta ba'da ashar yang khusus untuk menghafal dan muraja'ah, sebelum tidur untuk mengulang sedikit pelajaran, istirahat siang di sela-sela waktu kosong kalau lagi ga ada kelas, 

"فإن مع العسر يسرا . إن مع العسر يسرا"
Maka sesunggunya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan 
 
 See ? Berapa kali Allah ulang ayat ini dalam surah yang sama, belum lagi di surah dan ayat berbeda.
Kalau juga masih anti dengan al-quran, di coba aja dulu menghabiskan isinya dengan membaca saja terlebih dahulu tanpa tahu makna juga gapapa untuk permulaan, siapa tau bakal ketagihan untuk selanjutnya. Selamat mencoba menikmati kitab cinta di atas cinta karya Yang Maha Cinta.



0 komentar:

Posting Komentar