"Perjalanan menempuh ratusan ribu kilometer harus dimulai dengan satu langkah kaki".

Selasa, 03 April 2018

Amanah yang dinanti

17.19 Posted by azkasadan 3 comments
Sebulan setelah menikah, Alhamdulillah Allah langsung menganugerahiku sebuah amanah yang sangat aku tunggu-tunggu. Sangking excitednya dapat kabar yang begitu membahagiakan, ketika usia kandungan memasuki 8 week, aku dan abang langsung ke dokter. Wajah kami senyam senyum tak menentu karena gak sabaran ingin langsung ngeliat janinya walaupun hanya dari layar kecil. Ketika perawat memanggil namaku, aku dan abang langsung masuk ke sebuah ruangan kecil. Sesampai disana, dokter menanyakan tanggal menikah, HPHT, dan HPL bayiku. Kemudian dokter menyuruhku untuk berbaring di atas kasur untuk di usg. Dokter bilang detak jantung bayiku tak terdengar, harusnya usia 8 minggu udah kedengaran. Minggu depan dr menjadwalkan pemeriksaan kembali. Berminggu-minggu aku berkunjung hasilnya tetap sama, kantung kehamilan ada, tetapi bayinya tak kunjung berkembang. 

Usia kandungan memasuki 10 week, saat itu aku sedang memimpin meeting sebuah organisasi yang hampir 2 tahun aku keluti, tiba-tiba aku ngerasa kayak ada sesuatu yang keluar. Langsung aja ngecek dan ternyata flek. 
Saat itu abang sedang ngajar, cuaca sedang hujan, jarak dari tempat ngajar abang ke kampus itu sekitaran 20 menit. Dengan super paniknya karena pengalaman pertama dan cuma berdua, aku langsung nelpon abang. Detik itu juga abang langsung balik dengan hujan-hujanan. Ya abang harus kerumah dulu ngambil mobil karena sebelumnya naik motor. Kemudian kita langsung ke dokter dan sampai disana dokternya nenangin diri ini bilang gapapa. Pas di cek, eh janinya sehat kok, usianya 5 week. 
Aku sama abang saling natap rada aneh tapi yaa senang :D 


Setelah itu langsung pulang dan dokter nyuruh untuk bedrest. Aah disini peran suami emang paling penting kalau ditinggal merantau berdua. Abang yang harusnya gabisa masak sama sekali, akhirnya belajar masak detik itu juga. Bolak balik ke kamar nanya ke istrinya terus di apain lagi, terus gimana lagi, dsb. 

Empat hari setelah ngalamin flek, mamak dan umi datang ke Malaysia. Karena aku ngerasa udah sehat, aku minta ikutan abang ke bandara buat jemput keduanya, tapi abang ngelarang. Jadilah dirumah sendirian. 
Sorenya pas lagi ngobrol-ngobrol sama mamak, dan waktu itu ummi udah ke kampus karena ada kelas, eh tiba-tiba bleeding, awalnya aku ga sadar tapi mamak ngasih tau kalau bleeding. Langsung panik super panik, terus langsung ke kamar mandi. 
Lemes? Banget. Berasa udah kehilangan banyak darah apalagi aku emang rada cepet pitam. 

Kita langsung mutusin ke klinik. Sebelum ke klinik jemput umi dulu yang sebelumnya di kelas. Di mobil, aku udah kesakitan bangetttttt. Sakit perut kayak sakit perut haid, tapi lebih sakit lagi. You know what i mean lah ya. Kesakitan ya Allah rasanya detik itu juga kayak udah kehabisan nafas. Pengen nangis tapi udah gabisa lagi, akhirnya istighfar saja dalam hati. 

Sampe ke klinik, di cek lagi dan dr mutusin untuk di kuret. Karena emang janin tidak berkembang sama sekali (Blighted ovum). Baiklah aku udah pasrah yang penting rasa sakit ini berkurang aja udah bersyukur banget. 
Karena udah lemes banget, abang mutusin aku nginap aja di klinik, kliniknya nyediain kamar. Sebelum tidur, aku ke kamar mandi untuk pipis daan sebelum itu, pluk pluk pluk, jatuh sesuatu seperti hati sapi yang gede ke dalam closet. Aku bingung mau di apain itu daging yang udah jatuh, jatuhnya ke dalam closet, ga mungkin untuk di ambil. Abang bilang yaudah di flush aja lah toh ga mungkin di ambil lagi. 

Keluar dari kamar mandi kami langsung melapor ke perawatnya. Alhamdulillah dagingnya udah keluar jadi ga perlu di kuret lagi. Lega banget dan sakit di perut juga berkurang walaupun ada kesedihan yang teramat dalam yang pasti perempuan yang pernah ngalamin kejadian kayak gini tau rasanya gimana. 
Setelah itu, dr nyaranin untuk bedrest selama 2 minggu dan ga boleh ke kampus. Tapi karena aku bandel dan kasian sama semua matkul yang ketinggalan, seminggu setelah bedrest, langsung masuk kelas dan terkadang di papah sama abang sedikit demi sedikit hingga akhirnya pulih total. 

2 bulan kemudian, Allah memberiku amanah lagii.... 



3 komentar:

  1. Sehat selalu ya Azka..
    Semoga berkah buat Azka dan keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahumma Ameen ya Rabb.
      Makasih kakaaak :")).
      Barakallah feek ❤️

      Hapus