"Perjalanan menempuh ratusan ribu kilometer harus dimulai dengan satu langkah kaki".

Sabtu, 14 April 2018

Antara Hidup dan Mati

12.48 Posted by azkasadan No comments
Terhitung sejak malam kamis, perutku mulai sakit gak menentu. Sakit kayak haid tapi lebih sakit walaupun kadarnya masih sanggup di tahan sebenarnya. Malam itu, dirumah hanya ada aku, adikku yang bungsu dan saudara. Tanpa abang, ummi dan yang lainnya. 
Aah rasanya berjuang sendirian malam itu masyaAllaah sekalii. Gelombang cinta yang tiap jam bertambah kuat, mungkin waktu itu Hamzanya gak sabaran mau ketemu uminya yaa hehe. 

Iya, malam itu aku sendirian di kamar. Karena gelombang cinta yang mulai kuat, mata juga gak mau nutup-nutup, akhirnya aku milih untuk mondar mandir aja di kamar dan naik turun tangga sambil berzikir. Sampai subuh hanya itu yang aku lakukan. Kemudian paginya aku tetap mencoba untuk jalan-jalan pagi sendirian keliling kampung. Aku sempatkan untuk menyapu rumah dan beberes kamar. Setelah semua urusan kelar, cuma bisa baringan aja. Sorenya umi pulang. Harusnya waktu itu aku yg jemput ummi dari bandara, tapi karena takut sakit perut bertambah pas nyetir, jadi aku mengurungkan diri dan umi minta tolong ke abangnya untuk jemput umi di bandara. 

Setelah maghrib, aku dan ummi langsung ke kakak ummi yang bidan untuk di periksa. Alhamdulillah sudah pembukaan 1. Biasanya kalau anak pertama, proses pembukaannya lama, jadi azka pulang aja dulu istirahat, tidur dulu untuk ngumpulin tenaga. Malamnya aku mencoba untuk tidur, tapi ya tetep aja mata gak kepejam sama sekali. Udah jam 1 dan sakit bertambah-tambah. Jarak kontraksi pun udah 7 menit sekali. Karena gak bisa tidur dan semakin sakit, akhirnya ummi ngajakin ke rs. Sampe ke rs di periksa ya masih pembukaan 1. Karena masih lama jadi kita balik kerumah. Sampe kerumah bukannya istirahat, tapi aku keliling-keliling rumah sendirian sampe hampir subuh karena gak bisa terlelap sama sekali. Setengah 5, abati dan abang sampe dari Langsa. Kontraksi pun semakin menjadi-jadi dan jaraknya udah 5 menit sekali. Gak nunggu subuh lagi langsung cus ke rs, eh sampe kesana di cek masih pembukaan 1. Kakak perawatnya juga bilang kalau biasanya anak pertama itu emang agak lama. Mungkin ini lahirnya sorean gitulah. 

Kontraksinya bertambah dan jaraknya udah 3 menit sekali. Mamak nyuruh aku untuk mandi dan keramas biar segar dan ada tenaga untuk ngejan nanti. Kata mamak, kalau mandi itu pembukaannya bisa bertambah. Setelah mandi aku baringan sebentar dan jalan-jalan di sekitaran rs itu, karena kalau jalan, rasa sakitnya bisa ditahan sedikit tapi kalau tidur kok yaa sakit bangetttttttt. 

Ketika di RS
09.30, yes pembukaannya bertambah, walaupun cuma 1 sih. Sekarang pembukaan 2. Yang bisa di lakuin cuma jalan-jalan di sekitaran rs sambil zikir dan doa "لاإله إلا أنت شبحانك إني كنت من الظالمين". Itu aja yang aku baca sejak sakit. Aku yang enggak sempat ikutan olahraga atau senam apalah karena sibuk sama kuliah, jadinya selama ini cuma jalan, kerja rumah kayak ngepel sambil jongkok, naik turun tangga, senam kegel dan doa. Aaahh hingga saat ini dan kapanpun doa tetap senjata utama. 

12.00, masih di pembukaan yang sama. Dan dokter datang jenguin. Dr nya nanya, "azka masih kuat kan?". Sejujurnya gak kuat dr 😭, tapi harus kuat insyaAllah, jawabku. Mulailah terbesit di pikiranku kalau sakit kayak gini kenapa gak sc aja yaaa?, Alhamdulillah hanya terbesit gak terucap 😆. Bisa malu kalau sampe keucap serasa masih mampu tapi gamau berjuang di titik penghabisan, aahh kibas rambut 😄
Adeknya ummi pun datang dan cerita kalau adiknya pas melahirkan di rukyah sama abangnya pake air zamzam, terus pembukaanya lumayan cepat meningkat. Waahh demi mengurangi rasa sakit, abang langsung ambil zamzam dan rukyah kemudian airnya aku minum. Setelah itu pembukaan pun meningkat Alhamdulillah. 

15.00, yeaayy udah pembukaan 5. 5 lagi itu kapan ya Allaah?. Oh sebenarnya pas tengah malem kita ke rs, perawat itu nawarin epidural (pereda sakit). Mungkin karena kasian kali ya ngeliat aku kesakitan. Tapi aku nolak toh emang normal sakit kayak gini ya di nikmatin aja setiap gelombang cinta ini kan ya hehe. 

15.30, sakitnya udah gak sanggup di tahan lagi sama sekali dan berasa kayak mau pup. Sejauh ini aku udah bernafas sesuai tuntutan dan ini udah gak kuat lagi mau nahan. Pengen ngeden bangeettt ya Allaah. Perawatnya bilang jangan dek tetap nafas kayak tadi aja. Aku keukeh kaaak gak kuat lagi, udah gasanggup tahan kayak mau pup ini. Setelah itu semua perawat dan kakak bidan juga siapin alat tempur, cek pembukaan udah cukup semuanya dan yaaaaaaa pertarungan pun di mulai. 

Dek, sekarang udah boleh ngeden. "Uuhhhhhhh", istirahat sebentar, kemudian ngeden lagi. Terus aku bilang ke kakaknyaa, kak ini kayaknya mau pipis deh padahal yaa itu air ketuban udah keluaarr dan yeee kepalanya udah muncul. Ngeden lagi sekuat tenaga sambil baca doa tadi dan di tuntun sama abang jugaaa, terus aku bilang ke kakaknya kalau aku mau pup dan "weekkkk, weekkk, weeekk". Cukup 4 kali ngedennya dan Alhamdulillah Hamzanya keluar. Rasanya tu yaa legaaaaa bangeett kayak ngeluarin batu yang gede banget gitu. Hamza langsung di sambut sama perawat, di timbang dsb baru kemudian proses IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Sambil nunggu plasenta yang belum keluar, IMD tetap dijalankan dan Hamza berhasil mendapatkan colostrum. Alhamdulillah setelah plasenta keluar, waktunya hecting. Lumayan banyak sih soalnya aku di episiotomi (di gunting pada perineum). Hectingnya tergolong grade 2. Ngilu-ngilu gitu pas mulai di jait, walaupun di bius, tapi tetep ajaa rasa sakitnya masih kerasa. Aku inget banget sejak trimester kedua, hampir setiap malam sebelum tidur abang pasti bacain surah Al-insyirah sambil ngusap-ngusap dan ajak ngobrol Hamza di perut dengan harapan ntar pas melahirkan prosesnya dimudahkan dan Alhamdulillah itu terbukti walaupun kontraksinya lumayan lama menghabiskan waktu 2 malam 1.5 hari. Selama melahirkan sampai segala prosesnya selesai, abang selalu nememi aku dan menyaksikan semuanyaa. Jadi utk calon ayah kalau di izinkan, jangan lupa temeni istrinya ketika proses melahirkan yaa, biar tambah sayang istri dan ibu :)). 

Setelah semua prosesnya selesai dan Hamza juga udah di azanin sama abinya, tiba-tiba kakak perawat datang. "Buk, ini ketuban ibunya hijau, biasanya ketuban hijau karena mekonium (kotoran bayi) udah keluar duluan didalam. Penyebabnya bisa jadi karena kelahiran yg udah lewat waktu, bayinya stress atau infeksi. Jadi, bayinya harus kami bawa ke NICU dulu untuk diperiksa. Gimana bu? 
Deg, deg, deg. Ya Allah apalagi ini. Rasanya mau nangiss tapi karena udah lemah banget jadi semuanya itu urusan abang dan ummi. Aku di bawa ke kamar dan Hamza ke NICU. Terbaring lemah tak berdaya. Setelah di periksa, hasilnya keluar. Hamza kelebihan sel darah putih karena ketubannya hijau tadi dan Alhamdulillah bangeet gak sampe keminum air ketuban. Perawatnya minta izin ke abang untuk di suntik antibiotik supaya mengurangi kelebihan sel darah putih. Setelah sepakat, Hamza pun harus rawat inap selama 3 hari dan aku balik kerumah. Selama itu pula tiap waktu kunjungan, aku berusaha untuk sanggup jengukin Hamza sambilan ngasih ASI atau kalaupun gak sanggup karena luka ini belum sembuh, abang yang nganterin ASI kesana. 

Setelah 3 hari, suntik antibiotiknya selesai dan sel darah putihnya Hamza pun normal. Masalah lain muncul, dr anaknya bilang kadar bilirubin (kuning) pada Hamza itu lebih padahal sebelumnya masih normal dan dibawah 12mg/dl tapi tiba-tiba dr nya bilang kayaknya meningkat, jd harus di terapi sinar. Ummi gak setuju krn kuning pada bayi itu biasa emang hampir semua bayi gitu karena kekurangan ASI. Jadi sepakatlah untuk pulang. Alhamdulillah sampai saat ini kuningnya udah hilang dan mohon doanya semoga Hamza sehat selalu. 

0 komentar:

Posting Komentar