"Perjalanan menempuh ratusan ribu kilometer harus dimulai dengan satu langkah kaki".

Kamis, 03 Juli 2014

Belajar Kehidupan pada Anak.

09.11 Posted by azkasadan No comments
Saat kita masih kecil, kita belajar merangkak, berdiri, hingga berjalan. Selama itu kita sering terjatuh, terluka dan berdarah. Namun kita tidak pernah malu, putus asa apalagi menyerah. Sungguh beruntung orang yang senantiasa menjaga semangat untuk meraih prestasi dengan belajar dari perilaku dirinya ketika masih belajar berjalan di waktu kecil.


     Jika kita melihat anak kecil, mereka seperti tidak ada beban dalam hidupnya. Semua dijalani dengan penuh percaya diri. Mulai dari merangkak hingga berjalan. Sungguh anak kecil tidak memiliki perasaan buruk sangka pada semua hal. Semua ia raih, semua ia gapai. Tidak peduli apakah itu api atau benda yang sangat membahayakan. Kalaupun ia terjatuh, ia akan segera bangkit. Lalu ia akan terus melakukan hal yang sama. Terus bangkit dan terus hingga akhirnya ia bisa berlari dan melompat. Sungguh satu pelajaran yang dahsyat !. 
     Sering kita tidak menyadari akan pelajaran yang Allah berikan kepada kita. Allah senantiasa memberi pelajaran dengan cara-cara yang terkadang tidak kita sadari. Bukankah semua adalah ayat-ayat Nya ? Bila semua adalah ayat-ayat Nya tentu saja semua itu mengandung pesan. Dan pesan ini datang langsung dari Allah. Pesan-pesan itu ditujukan kepada umat manusia agar semakin mengerti diri, alam dan Tuhan sebagai satu objek yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.
     Akhirnya, semua gerak kehidupan adalah pelajaran. Kurikulum Tuhan telah disusun sedemikian rupa dengan telaten, indah dan menawan. Oleh karena itu, kita bisa belajar pada bayi, anak kecil hingga daun dan pasir yang berhembus.
" Rabbku, tambahkan kami ilmu, dan berilah kami pemahaman pada agama".  

0 komentar:

Posting Komentar